Macam - Macam Rating Game dan Artinya

Haii Gamers ketemu lagi dengan gua yaa, yaap udah lama gua nggak nulis lagi dicopyanblog karena ada masalah kesibukaan dan juga masalah – masalah yang lainnya sih hehehe. Oke kali ini gua bakalan bahas seperti yang tertera dijudul yaitu “Macam – macam rating game dan Artinya” yaaa sedikit cerita dulu kenapa gua membuat posting seperti ini itu karena banyak berita – berita yang beredar tentang KPAI ( Komisi Perindungan Anak Indonesia)  yang telah memblokir game – game kesayangan kita semua, dari masalah itu ada hal positifnya dan juga ada hal negatifnya selain dari game banyak juga kartun – kartun anak yang telah diblokir oleh KPAI, tapi kita tidak akan berbicara tentang kartun kita sekarang sedang berbicara tentang game hehehe.

Ada banyak game yang telah diblokir oleh KPAI sekitar 15 yang diblokir dan game – game itu adalah game yang paling laris dimainkan oleh kalang gamers Indonesia bahkan warnet pun untung dari game – game tersebut, Apa ajah sih game – game yang telah diblokir oleh KPAI. Ini dia daftarnya :
1.            Grand Theft Auto
2.            Mortal Combat
3.            Point Blank
4.            Counter Strike
5.            World Of Warcarft
6.            Call Of Duty
7.            Cross Fire
8.            War Rock
9.            Future Cop
10.          Carmageddon
11.          Shelschock
12.          Rising Force
13.          Atlantica
14.          Bully
15.          Concfilct Of Vietnam

Nah itulah daftar game yang telah diblokir oleh KPAI, dari game – game yang ada diatas itu game – game yang sering sekali dimaikan oleh gamers Indonesia contohnya Point Blank, PB adalah game yang paling laris dikalang pencinta game – game warnet pastinya hehehe dan apabila PB diblokir maka keuntung warnet dari mana? Hasil Print dan nonton video youtube doang?. Game buatan ROCKSTAR GAME juga kena blokir yaitu game Bully dan GTA, game ini sudah dibilang melekat dengan hati pencinta game diIndonesia.

Sekarang saatnya kembali ketopic penulisan setelah cerita sedikit tentang game yang telah diblokir oleh KPAI, ngomong masalah rating mungkin masih banyak orang yang bertanya – tanya siapa sih yang memberikan rating pada game – game yang kita mainkan, ESRB lah perusahan yang memberikan rating kepada game, gunanya rating ini agar para pemain game bisa membedakan umur mereka dengan rating tersebut, jangan sampe umur 10 tahuan udah memainkan game yang berating Adult kan bahaya hehehe.

Macam – macam rating game :
1. RP (RATING PENDING)
                Sudah jelas dengan namanya “Rating Pending” game – game yang belum selesai untuk diberikan oleh ESRB dan masih dalam proses pengerjaan rating

2. EC (Early Childhood)
                Rating ini mengizinkan anak – anak yang bermain game yang usia 3 tahun keatas, artinya kontennya tidak berpengaruh besar terhadap anak – anak yang memainkan game dengan rating ini, biasanya game yang memiliki rating ini bergenre edukasi

3. E (Everyone)
                Seperti namanya Everyone(Semua Orang), game – game yang memiliki rating ini bisa dimaikan oleh semua orang mulai dari usia anak – anak sampai usia dewasa

4. E10+ (Everyone 10+)
                Semua orang tetapi diatas 10 tahun, game ini tidak boleh dimaikan oleh anak – anak yag usianya dibawah 10 tahun, konten game ini biasa itu fighting tetapi buka gambar orang sungguhan melainkan bentuk – bentuk animasi dan lain sebagainya

5. T(Teen)
                Rating ini diberikan untuk game – game yang memiliki bahasa yang kasar, perjudian dan juga kekerasan ringan. Khusus untuk anak usia 13 tahun keatas yang diperbolehkan untuk memainkan game ini
6. M(Mature)
                Mature adalah rating untuk game yang bergenre peperang dan kekerasan, game dengan rating ini bahaya untuk anak – anak yang berusia masih 17 tahun kebawah. Dan bila game ini dimaikan oleh anak – anak yang usia masih belum mengenal yang baik, maka konten ini sangat bahaya untuk anak tersebut dan perpengaruh besar terhadap psokologisnya.

7. AO (Adult-Only)
                Jangan coba – coba kalian memainkan game ini yang usianya masih 18 tahun kebawah, game yang memiliki rating berkonten untuk orang – orang yang usianya 18 atau lebih, dan game yang berating ini banyak unsur pornografinya maka dari itu kalian yang belum cukup umur gua saranin jangan untuk memainkan game yg mempunyai rating ini.
Yapp itulah ulasan rating bedasarkan apa yang saya ketahui, nah maka itu orang tua harus benar – benar bisa menjaga anaknya dari konten – konten yang tidak mendidik dan yang berbahaya bagi anak untuk dilihat apalagi ditiru.

Oke seperti yang sangat ramai dibicarakan saat ini yaitu “Apakah anda setuju 15 game yang telah diblokir oleh KPAI?” jujur saja gua tidak setuju dengan tindakan tersebut, tetapi KPAI memberikan sanksi tersebut agar anak – anak Indonesia tidak terlalu kecanduan game seperti yang sudah – sudah anak Indonesia lebih milih bermain game di warnet, rental PS dll ketimbang untuk membantuk orang tuanya dan anak – anak yang sudah kecanduan game bakalan sulit untuk KPAI ^Mungkin itulaa pendapat dari KPAI yang telah memblokir game”

Jawab saya tadi tidak setuju kenapa? Karena tidak semua game itu bisa berdampak buruk pada anak – anak, itu tergantung pada orang tua masing – masing jika orang tua tersebut mendidik anaknya dengan didikan yang sangat baik maka anak tersebut tidak akan mengikuti sebuah hal yang tidak nyata seperti game itu. Gua juga sangat suka bermain game bahkan ada banyak game – game yang sudah gua mainkan mulai dari game yang bergenre simulator sampai open world dan mulai dari game yang berating E sampai dengan AO, tetapi gua nggak pernah mengikuti apa yang game tersebut perlihatkan, mungkin itu juga karena didikan orang tua gua yang sangat baik atau juga dari pergaulan masyarakat.


Nah sekian artikel dari gua ini bukannya nulis artikel malah curhat semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua sebagai pembacanya hehehe, intinya dari semuanya adalah dari didikan orang tua dan pergaulan kalian dimasyarakat, itu semua akan berdampak besar bagi hidup kalian semua dan juga hiraukan bocah yang berdemo tentang game di sosial media dll, oke kunjungi terus copyanblog karena dari sini kalian akan mendapatkan game Android/PC/Emulator dan juga Movie secara gratis tidak dipungut biaya, maka siapakan kouta yang banyak untuk download game disini. Bye byeeeeeeeee........
Previous
Next Post »